Menciptakan generasi penipu??

Sudah puyenk berat lihat berita soal Gayus Tambunan, trus…. lebih puyenk (plus iri bukan buatan) sana bekas cleanning service yang punya rumah 3 mobil…. Di lihat secara positif, saya bisa bilang : ternyata orang indonesia tuh kreatif lhoooo yaaa. Pandai melihat celah, dan cemat memanfaat kan peluang!! Bayangin, ngambil duit segitu gedhe nya… emang gampang?? Pasti di butuhkan muslihat yang luar biasa cerdas… Tapi emang ending nya kok ya agak sedih ya *ketangkap siiih* coba ngga anti klimaks gitu, kan bisa jadi the next legend, macam Jack the Ripper…..Kalo di pikir-pikir, dari mana ya mereka mengasah kemampuan-kemampuan itu? Di STAN?? kaya Gayus yang lulusan STAN… apa di lingkungan tempat mereka di besarkan? Atoooo, di ajarin di dalam keluarga  masing-masing?? Saya sama sekali ga mau menyinggung  SARAP (Suku, Agama, Ras ma Pendidikan) jadi, tolong jangan tersinggung dengan kata-kata saya. Well…. tersinggung boleh lah, asal jangan pake sakit ati, OK OK oK?? *maksa!!*

Kemudiaaann…. ga sengaja saya menemukan jawaban… well, mungkin bukan jawaban yang sebenarnya, secara saya ga pake riset sama sekali…. Tapi…saya serius mikir, kalo mungkin ini laaahhh biang kerok nya….. Beberapa waktu yang lalu saya ke Jepara, dalam rangka berhedon ria di Karimun jawa. Sepulang nya dari Jepara, secara saya males naik angkot ke Kudus, saya pun minta tolong saudara saya buat menjemput saya, kakak saya ama seorang teman saya. Jadi lah kami ber 3 di jemput di pelabuhan Kartini, Jepara.

Saudara saya ini udah pnya anak 2 ekor, uuups!!! 2 orang, perempuan semua. kira-kira umur 6 ama 4 tahun lah ya.  Yang gedhe udah sekolah. Pas njemput kita, kelihatan banget kalo anak yang tertua lagi BT surete.  Kami mampir ke sana kemari, salah satu nya ke ATM, dan cari oleh-oleh. Sementara lagi ke sana kemari, semakin BT lah si anak, sampe menjerit-jerit histeris. Saya sampe sungkan setengah mati. Saya kira, si anak BT gara-gara ke lamaan di mobil gituuu. Ternyata oh ternyata….. Pas sebelum menjemput kami, si anak ini lagi bikin PR.  Si mamah bilang sama dia :

“Ayo cepet bikin PR nya, ntar saya ajak berenang!” girang dooonk, cepet2 di selesai in. Tapi… tahu kan gimana akhirnya? Secara kolam renang emang ga ada di jadwal…. yang ada adalah : jemput kami di pelabuhan, trus makan di Ayam goreng kapitalis. Si anak mulai berasa dooonk, dia ga ke kolam renang, BT lah dia!! Dan si mamah dengan “lincah”nya kasih alasan :

“Yaaah… kamu pilek gitu!! ga jadi ke kolam renang laaah!!” JEGEEER!!!

“Kita ke ayam goreng kapitalis, kan kamu bisa main di sana!!” hmmmm…. ga dapat hadiah utama, dapat hadiah hiburan??

Ternyata, kita ngga juga segera ke ayam goreng kapitalis. kita sibuk cari ATM laah…. mampir di toko oleh-oleh…. Si anak dah BT amit-amit, mulai menjerit-njerit minta ke Ayam goreng kapitalis langsung. Kepala ku serasa mo pecah jadi 4, secara saya emang sensi ama suara jeritan anak-anak. Trus hati saya terbelah 3, soalnya saya merasakan sakit hatinya si anak di tipu mentah-mentah sama si mamah….. Sebenernya, sampe ayam goreng kapitalis pun, kita ga bisa langsung order, secara kami keluarga china betulan aseli banget *asli perhitungan, maksudnyaaaa*, jadi kita menunggu jam nya ATTACK. Kenapa juga… si anak ga di kasih tahu kalo mesti nunggu barang 15 menit?? Sampe di ayam goreng kapitalis, si anak langsung ceria, main-main di plorotan gedhe. Abis makan siang, dengan (cukup) ceria, dia keluar restoran. Lalu si mamah dengan “BUANGGAAAA” bilang : “Naaa…. beres kan…..” Maksudnya, segala kebohongan dia telah di lupakan oleh si anak…… Saya bertanya dalam hati, “Benarkah dia lupa??”

Di mobil berceritalah si mamah soal ini dan itu, salah satunya soal style dia mendidik anak, yang penuh tipu muslihat itu….. Dia bilang : kalo si papah (suami dia) ngga mau nipu-nipu gitu, tapi… jadinya si papah lah  yang jadi bulan-bulanan si anak. Kalo si anak minta es krim, maksud nya, minta es krim pake histeris lah ya…. Si papah bakal beli’in. Kalo dia *mamah yang cerdas duooonk* dia bakal bilang : Iya… ayo, beli. Trusss… mobilnya di belokin di tempat lain, yang jelas ga di tempat beli es krim. Trusss…. si mamah menjelma jadi artis sinetron dong : “lhooo, supermarketnya kok tutup, dah pindah ya?? Wah…. ga ada es krim dehh “. Si mamah menceritakan hasil akhir tipu muslihat nya ini dengan bangga : “Dia percaya tuuuhhh!”

Saya garuk-garuk pantat saya yang ga gatal…. Si mamah sempet bilang kalo dosa nya bakal dia tanggung….. Trus saya mikir, kalo misalnya ni anak gedhe jadi “Gayus” trus…. apa dia juga masih mampu menanggung dosanya?? Biasanya, penyelewengan keciiiill… kalo di lanjutin terus, akan jadi penyimpangan besar loooh!!! OK, mungkin saya berlebihan… Mungkin kebohongan-kebohongan itu cuma jadi bagian dari masa kecil yang bakal terlupakan…..

Dalam perjalanan naik bus dari Kudus balik ke Surabaya, saya mikir :  SEANDAINYA  saya besok punya anak…..saya ga mau membesarkan anak saya dengan kebohongan-kebohongan!!

Advertisements