Catatan perjalanan basi : Karimunjawa

Ternyata oh ternyata… mengedit clip sederhana yang d rekam dari kamera digital poket itu jauh lebih menyenangkan dari pada menulis!!! hihihi!! Buktinya, clip tentang liburan di Karimun Jawa nya suda di up load di YouTube dari jaman dulu, dan sudah di embed ke sini pula…. Tapi mau nulis pejalanan nya kok malessssss yaaaaa…..

gara-gara kemarin lihat-lihat forum traveler dan ada yang tanya soal Karimun Jawa, akhirnya tergugah lah saya untuk menulis ulang perjalanan itu…..  cieeehh… tergugah bow!! Bagi yang belum tahu,  Karimun Jawa itu berupa kepulauan yang letaknya di sebelah utara Jepara, Jawa tengah.

Perjalanan saya ke Karimun Jawa di mulai tanggal 9 April 2010, malam. Sorry ya bow, secara ini blog pribadi, jadi cerita pejalanan nya pun penuh bumbu-cerita-pribadi-gak penting-agak pelacur (pelan-pelan cur-hat) hihihihi. Semula saya mau berangkat bareng teman-teman dari Surabaya, pake bus umum. Secara saya kira saya bisa ngikut aja digembalakan oleh teman yang lebih tahu, saya ngga cari-cari informasi apapun soal Karimun Jawa. OK, selain Karimun Jawa itu indah dan saya mau banget lihat tempat itu, saya ga tahu apa-apa. Rencananya, kakak saya, Pras mau ngikut. Tiba-tiba datang teman CS saya, si Matt. Tanpa pikir panjang, saya ajak si Matt ke Karimun Jawa, secara dia juga jalan ke arah barat pulau Jawa, soalnya sudah punya tiket Jakarta- Philipine. Saya pikir (jiah! asumsi emang bahaya!!) , kami bisa bersama-sama jadi bebek sampe Karimun Jawa.  si Matt nanti bisa tidur di kamar saya dan Pras… Beres!! Soalnya, Matt kan backpacker, alias traveling on budget, jadi Matt bisa ngirit uang hotel. Saya pikir (lagi-lagi asumsi!!) semua bakal “gampang-bisa diatur”. Ternyata, teman-teman mau charter mobil, dan…..ga ada tempat buat Matt! Setelah nego dengan koordinator acara, yang berbuntut kepahitan-BT-gondok di pihak saya, saya memutuskan untuk naik bus ber 3, dengan Matt dan Pras ke Jepara, dan ketemu rombongan di pelabuhan Jepara.

Biar nggondok, biar BT, teteeep saya ambil positifnya aja. Lagian, perjalanan ini ga murah! Saya ga mau ke BT an saya merusak semua nya, enak ajah!! Gara-gara jalan sendiri, saya jadi cari tahu gimana cara ke Karimun Jawa, hahaha!!

Pertama-tama, cari bus ekonomi Surabaya-Semarang, minta turun di Kudus. Soalnya, ga ada bus Surabaya-Jepara. Jepara itu lokasinya dipinggir pulau, menjorok ke laut, ga ada bus yang nganggur-ngaggur belok ke sana. Harganya 40 rebuan, perjalanan nya 4-5 jam.

Malam sekitar jam 8, kami ke Bungurasih, cari bus ekonomi jurusan Semarang. Bertiga, kami berjalan gagah menuju lajur bus ekonomi jurusan Semarang……kondektur dan calo penumpang memanggil-manggil kami….. kami cuex…. ga juga sih, saya menjawab mau ke Kudus, mereka pun mundur teratur. Sampai lajurnya, dueng!! kosong…. yang ada banyak malah saingan kami! Yaaahhh!! Alamat berebut nih!

Saya kira saya harus sampai terminal Kudus. Ternyata, setelah ngobrol sama embak-embak yang juga mau ke Jepara, kami di ajak turun di Matahari.

Selanjutnya, jam 3.00 subuh kami sampai di Kudus, berhenti di Matahari. Di Matahari ada terminal bayangan, dan pasar pagi. Kami menunggu mini bus kami untuk berangkat, sekitar 30 menit.

Setelah terguncang-guncang bersama segala barang dagangan di dalam mini bus salama 45 menit an… Ya iya lah, di kirain siapa yang mau bepergian jam 3.30 subuh, kalo bukan ibu-ibu pedagang?? Sampailah kami di pom bensin antah berantah, yang katanya merupakan titik terdekat menuju pelabuhan Kartini, Jepara.

Selanjutnya, berjalan 15 menit an mengikuti papan petunjuk di jalan, menuju ke Pelabuhan Kartini.

Dari situ kami bertigaberjalan bak orang linglung, suasana masih gelap, sekitar jam 4.30. Untungnya masih ada papan petujuk arah pelabuhan. Secara saya juga ga tahu bentuk pelabuhan nya…. Kami berjalan saja, sambil di lihatin bapak-bapak yang lagi senam pagi. Akhirnya… sampai juga di pelabuhan, setelah berjalan selama 15 menit an. Sampai di pelabuhan… saya di sambut sosok-sosok gelap…..saya kira gelandangan ato apa gitu….. ternyataaaaa teman-teman saya, rombongan dari Jakarta. Rombongan dari Surabaya tiba sekitar jam 7 pagi.

Setelah beli tiket di loket pelabuhan Kartini, menyeberanglah kami ke Karimun Jawa. Lama penyeberangan dengan ferry adalah…. eng ing eng…6 jam an!!! Di jamin mati gaya!! Kalau naik kapal cepat dari Semaran, mungkin 2 jam an. Ya… gitu deh, harga dan kecepatan berbanding searah.

Jadwal ferry nya ngeri, kalo sampai salah, bisa panjang urusan nya. Secara penyeberangan nya lama, dan ngga begitu rame juga, kapal ferry cuma berangkat 1 kali dalam sehari…..dan….TIDAK setiap hari!! untuk jadwal, bisa langsung di intip di sini. Tapi, harganya kok lain nya bow saya beli tiket ekonomi, 30 rebu tuh??

Di Karimun Jawa, kami tinggal di main island, yang paling gedhe, berpenduduk lumayan padat…. Suasana nya kayak perdesaan bow. Saya tinggal di guest house yang sederhana tapi bersih dan OK. Masalahnya cuma rebutan kamar mandi, soalnya kalo pulang dari laut, semua pengan cepet-cepet mandi kaaan. Di depan guest house yang kaya rumah kost ini, ada warung P&D, tempat kami beli mie instant, lotion anti nyamuk….. dan kopi sachet….. Main island ini bener-bener mengingat kan saya pada suasana desa…..kalo malem gelaaaap…. tapi ayem….aman…. hihihihi. Lupakan tourist area, di sini ga ada bar, yang ada warung cangkruk dengan hidangan gorengan dan kopi, tak ada scam, bahkan…..tak ada ATM!!! hati-hati, jangan bawa uang mepet, kecuali mau berakhir nggandol di ferry *mana mungkin??*

Kegiatan kami setiap pagi, bangun, berkemas-kemas, naik kapal motor, keliling kepulauan yang kosong. Snorkeling, berenang, duduk duduk di pantai…. fotoooooo!! Perjalanan dari pulau ke pulau jauh juga lho…. kami selalu berangkat pagi jam 8, balik jam 5 an. 2 hari berturut-turut snorkeling, jangan di tanya gimana gosong nya kami. Tapi saya pakai sunblock terus menerus, jadi, biar gosong, ga perih.

Kalo di tanya, Karimun jawa gimana? OK?? jawaban saya : oke bangeeeettt!! masalahnya….. kalo ngga bisa cari teman untuk berbagi kapal motor selama di Karimun Jawa, bisa jadi mahal banget nih?? Sewa kapalnya bisa 400 rebu P-P untuk ke pulau yang paling luar dari gugusan pulau Karimun Jawa.  eralatan snorkeling bisa sewa… tenang aja….

in the end….. ini ada pilihan LAIN di Karimun Jawa, buat yang anti liburan “menderita”

Advertisements