Dilema ketenaran….

Akhir-akhir ini bermunculan anggota-anggota baru di forum East Java dan Surabaya…. Hahaha!! Saya lagi ngomongin CS (couchSurfing). Itu, situs networking para traveler. Ngga terasa saya sudah jaoin sejak akhir tahun 2008…. Tapi kok saya belum bisa jadi traveler beneran ya? Padahal sudah hang out habis-habisan ama traveler-traveler yang hebat!! Menyedihkan nya sayaaa.. hiks  hiks!! OK lupakan kondisi saya yang menyedihkan itu…. Kembali ke forum…. Di kedua forum itu ada satu posting-an, yang di tulis oleh moderator,  isi nya perkenalan anggota baru. Na…akhir-akhir ini posting-an perkenalan ini agak sering di isi. Selain itu, di posting-an dengan topik lain pun suka muncul : Hi, i’m newbie here, can i join u….. bla bla bla

Dulu kala, waktu CS ngga buka cabang di Indo, karena di anggap orang Indo ngga bisa menerima konsep backpacking *backpaking = traveler miskin, buka turis pake backpack ya!!* Ada beberapa orang yang “berjuang” agar CS bisa melebarkan sayap ke Indo.  Katanya, agak sulit, karena pengelola CS ngga mau buka cabang di negara yang ga prospektif, ntar kasian traveler nya. Hm….. pusink ya? Gini, sistem nya CS itu adalah membuat networking antar traveler, gunanya, supaya para traveler bisa saling bantu, dan yang penting, bisa saling kasih tumpangan. Ini versi terjemahan bebas ala saya. aslinya kurang lebih begini :

CouchSurfing members share hospitality with one another. These exchanges are a uniquely rich form of cultural interaction. Hosts have the opportunity to meet people from all over the world without leaving home. “Surfers,” or travelers, are able to participate in the local life of the places they visit. We also give more people the chance to become travelers, because “surfing” lowers the financial cost of exploration.

Naa….h, kalo CS buka cabang di Indo, sementara anggota di Indo sedikit sekali, atau adapun tapi ngga ‘ngeh” ama cara kerja CS, kan kasihan travelernya. Susah-susah menghubungi, eh… ternyata ngga nyambung, ato malah no respond….. Lebih puyenk lagi kalo ternyata ada anggota CS yang “memanfaat kan ke-bego-an” CS-er lokal. Karena itu, selain mengkampanyekan keanggotaan CS, sesama anggota CS harus saling mengedukasi….. Karena itu, country ambasador CS Indonesia mengkampanyekan CS sejak tahun 2005  Dan di akhir tahun 2010 ini…….banyak banget anggota baru yang masuk… Senang?? Well…..

Emang, akhir-akhir ini CS jadi terkenal. CS group Surabaya aja udah diliput, buka liliput! *Ya elah jayus bin garing!!!* koran nasional 2 kali. Terakhir CS Festive di Jakarta malah diliput besar-besaran. Sekarang kalo ngomong “CouchSurfing” orang suka bilang, “apa itu??” tapi kalo kita bilang : ” itu, traveling yang bisa nginep-nginep gratis di rumah orang lain” rata-rata pada pernah denger deh!! Ya iya lah, kalo koran kan nulis nya cuma apa-apa yang menarik buat pembaca aja. Misalnya waktu saya baca hasil liputan CS group Surabaya di koran, yang di tulis cuma : hang out bareng bule, dapet temen bule,  karokean, nongkrong di cafe. Jiahhhh!! Shallow banget!! Tapi saya ngerti banget….. emang wartawan tahu apa yang laku di baca.

Kek nya hasil dari pemberitaan-pemberitaan itu lah, yang sekarang saya lihat bermunculan di forum. Yang bikin puyenk, orang-orang baru ini, ngga nulis apa-apa di profile nya!! Dia kiraini FB? Bisa serba rahasia?? Gimana coba kalo kita mo ngasih tumpangan orang asing, ato numpang di rumah orang yang asing, tanpa KEPERCAYAAN??  Dan dengan form profile melompong, foto yang tak mendukung, mau percaya sama apa?? Ada lagi, di kolom language, dengan bangga pasang “english expert” begitu di baca profile nya, saya langsung bingung. Setelah saya baca lagi sambil melupakan semua kemampuan grammar saya, barulah saya mengerti!! Yah, dengan kata lain bahasa inggris-nya ancur lah!! Mengisi form profile aja ga pake “jujur” Ada lagi…..yang tiba-tib, ga ada angin ga ada ujan, ga pernah ketemu juga, meng-add friend!! Tolong kembali ke term kepercayaan, mana bisa percaya sama orang yang ga pernah pernah kontak sebelum nya?? Haduuhhh……

Begini deh, dilema ketenaran. Tenar, banyak anggota baru, tapi banyak yang ga jelas! Susah ya….

Advertisements