In Memoriam of Sempu Island

Sekitar tahun 2000-2002, saya berkunjung ke perkampungan nelayan, di sebuah teluk , namanya Sendang Biru,  lokasi nya di Malang bagian selatan. Di sana ada sebuah pulau kecil tak berpenghuni, nama nya pulau Sempu.

Waktu itu, Sendang biru cuma terkenal di kalangan pedagang ikan. Pulau Sempu cuma di ketahui para pemancing ikan besar, sebagian pecinta alam, beberapa penggiat konservasi alam, serta beberapa gelintir manusia Jawa Timur.

Pulau itu luar biasa cantik nya! Ada laguna yang cantik, kayak laguna di film the beach….

Beberapa nelayan suka berkunjung ke pulau Sempu untuk menangkap lobster di laguna…

Ada 2 karang berlubang, yang kalau pasang  mengakibatkan air laut  menyembur masuk ke laguna

Saya pernah menginap di dalam pulau Sempu beberapa kali, paling lama 7 hari….. Di pulau ini, ngga ada signal cell phone (waktu itu cuma ada telkomsel ama mentari deh, kalo ngga salah). Ngga ada siaran radio yang tertangkap, apa lagi siaran TV.  Mp3 juga kayaknya belom di import….. bayangkan, 7 hari, ngapain aja? Yang jelas, abis keluar pulau, kami semua nonton TV di warung, sampai ngowoh-ngowoh….. Oh iya, karena siaran TV ngga seberapa bagus, mereka suka memutar VCD. Saya pernah melihat 3 bitang jatuh di pulau Sempu, waktu nggosip ga jelas sambil bergeletakan memandang angkasa, selepas acara makan malam. Saya pernah mengayuh rakit dari ban bekas yang di bawa dari Surabaya, keliling laguna, sambil snorkling.

Semua begitu indah…. luar biasa indah…..

Hari ini, pulau Sempu jadi terkenal sekali, bahkan serombongn teman dari Jakarta menyempatkan diri untuk mengunjungi nya…. Pulau Sempu ngga pernah sepi sekarang… Dia tetap indah, saya yakin, tetap menarik, tetap tempat yang layak di kunjungi,  seperti yang dikatakan teman saya di blog nya,“Kaki gatel”

Tapi bagi saya, Pulau Sempu tinggal kenangan masa lalu saja…. Seperti seorang saudara terkasih yang telah meninggal…. Yang tertinggal hanya kenangan manis dan foto kuno sebelum masa digital datang…. Bagi saya, pulau Sempu sudah mati, tak perlu saya kunjungi lagi….. Selamat tinggal cinta, saya tetap mencintai mu, selalu mencintai mu…

Note : saya pernah mengkoordinir teman-teman junior pecinta alam kampus saya untuk membersihkan laguna, dan meninggal kan peringatan untuk memelihara Pulau Sempu….. Hasilnya ngga ada….

Advertisements