PhotoShop = Criminal

Kek nya serius nih, photoshop mesti digolongkan ke dalam “dangerous program”, dan…. orang yang mengoperasikan nya, mesti di masukkan ke dalam golongan kriminal!! Semakin lama saya bergaul dengan program pengolah image yang satu ini, semakin yakin lah saya, kalau saya+photoshop= penipu =kriminal.

Coba perhatiin deh, sekarang ini, yang namanya standard kecantikan itu datang nya dari iklan-iklan. Sabun pencerah kulit, modelnya putiiiihhhh muluuusss, muke nya pun berpendar-pendar di bawah sinar matahari. Iklan lotion pelembab pun, modelnya tampak putiiiihhhh bersinar-sinar. Iklan shampoo, modelnya berambut hitam legam, tak lupa kulit wajah terang benderang.  Bahkan beberapa produk non kecantikan sekali pun, menampilkan model yang kulit wajah nya putih cerah dan mulus. Sehingga, perempuan-perempuan pun secara masal mempercayai, bahwa wajah yang “layak tampil” adalah wajah yang putihcerah, bersinar di bawah mentari.

OK…. kita ngga mau lihat orang jelek wara wiri di majalah, di pampang besar di billboard, serta di tivi….. Jelas!! Bikin sakit mata aja!

Tapi….. bagaimana kalau kami, para editor, dengan bantuan photoshop (dan para editor video, dengan AfterEffect nya) “menyempurnakan” tampilan model? Sehingga kelewat sempurna, sehingga model itu jadi ngga real??

Sekarang ini, hampir ga ada 1 file foto pun yang ngga melewati proses pengeditan. Dan kayak nya, manusia semakin hari seamakin  menikmati keberadaan photoshop ini .  Seperti orang yang kecanduan, semula hanya porsi kecil “OK, cuma menghapus keringat” lama-lama dosis nya nambah “cuma menerangkan warna kuli saja”. Lalu, tanpa disadari, “kecilin lenganya, kecilin paha, besarin dada, besarin mata, perhalus tulang pipi, dll, dst, dsb”.

Dan seperti sekelompok manusia yang denial habis-habisan, kami mempercayai bualan kami sendiri!! Banyak orang yang tahu kalau foto selebritis (model) yang mulus aduhai itu sudah di edit habis-habisan, tapi teteeeeeep kami percaya bahwa, seperti itulah orang yang layak tampil!! Artinya, yang layak tampil itu NGGA ADA!! Ngga real!! Mereka cuma ada di dalam komputer!

Sorry, perfection belongs to the computer only!! Jadi, berhentilah memelototi iklan, dan berharap punya penampilan kek selebritis-selebritis itu!!

Advertisements