Tanjung Papuma, Jember

Sebenernya, agak lama juga dengar soal pantai yang satu ini, Tanjung Papuma. Jember ngga jauh-jauh amat, tapi entah kenapa ngga juga ke sana dari kapan hari, sampe nunggu ada job poto, baru berangkat.

Jalan nya ke Jember, kalau pake mobil, 6 jam!! Iya, semenjak ada lumpur Lapindo, semua jadi berubah, plus macet di sana-sini….. Tapi, kalau pake kereta api, masih lumayan, 3 jam, katanya. Iya, katanya, secara saya ngga nyoba sendiri naek kereta.

Pantai Papuma ini, tepatnya sih di Kabupaten Jember, yaitu sekitar 1 jam dari kota Jember. kurang lebih 45KM ke arah selatan kota Jember.  Pantai yang terkenal di kabupaten Jember ada beberapa, salah satunya adalah Watu Ulo, yang bertetangga dengan pantai Papuma ini. Papuma pasirnya putih, sementara watu ulo pasirnya hitam. Padahal, kedua pantai ini sejajar, dan jaraknya ngga jauh loh…. Paling-paling 15 menit pake mobil. Kok bisa?? Ya… mana kutahu lah, coba di tanya sama ahli geologi atau ahli kelautan gitu.  Pantai ini di kelilingi hutan, serta sawah. Jadi, biar ngga bosen, boleh deh jalan-jalan di hutan dulu, baru ke pantai. Katanya, lagi-lagi katanya, secara saya ngga lihat sendiri hewan-hewan itu, di hutan ini banyak binatang, kayak babi hutan, landak, burung dan rusa. Saya jalan-jalan di hutan sebentar, tapi hutan jati sih, mana ada hewan tinngal di hutan jati, kecuali semut?? Kalau ke sana, enak pake kendaraan pribadi deh, secara saya sama sekali ngga kelihatan kendaraan umum di sana. Dari jalan besar, masuk ke pantai Papuma jauuuuh loh!! Kalo mo jalan, bisa kali ya 3 jam an gitu, mbelain banget!! Kalau saya harus jalan masuk, saya pasti nginep di sana! Kalo engga, rugiiii! Di Papuma ini banyak penginapan, degan segar, dan warung ikan bakar!! Enak juga ikan nya! Mereka punya ikan yang khas, namanya  Putian, dan saya ngga seberapa ngerti, ikan jenis apa apa itu?? Harga nya? maaf… secara saya di traktir, jadi ngga tahu apa harganya “a la tempat wisata” atau “a la sewajar nya” .

Tanjung Papuma dan Jember, bener-bener worth visit!!

Advertisements