Say Bye to Pembalut-Wanita

Kira-kira 2-3 tahun belakangan ini saya mikir soal pembalut wanita, yg bahasa pasar nya softex itu.

Mulai dari tuduhan bahwa bahan pembuat nya yang berbahaya. Mengandung bleaching berlimpah, terbuat dari pulp yang ga hygienis, bla bla bla. Ending nya, pembalut malah dituduh sebagai salah satu penyebab penyakit! Salah satu teman yang jualan pembalut secara MLM, yang pake ion-ion ituuuu, meyakinkan saya, bahwa pembalut yang saya biasa pake itu, bisa bikin kangker servic! Syereeeemm!!

Lalu gel-gel pembalut yang suka jadi highlight pemasaran pembalut, juga dituduh ga ramah lingkungan.

Belum lagi gas klorin yang membahayakan kesehatan! YLKI tahun 2015 juga mengeluarkan daftar merek pembalut, beserta besarnya kandungan klorin. Pembalut yang biasa saya pake, ada di nomor 1!! Heheheh!!

Trus saya juga suka alergi sama pembalut ini. Entah kenapa, padahal bertahun-tahun yang lalu, ga ada masalah lho. Kok makin ke sini nya, jadi makin gatel-gatel ya?? Igh!

Trus, 1 tahun belakangan, saya semakin sok-sok an sadar kelestarian lingkungan. Saya mulai mikir, kayaknya aksi menolak kantong plastik yang sudah lama saya lakukan ini, agak kurang heroik deh…. Kadar epic nya udah abis, i need more!! Sesuatu yang WOW! Jadi…. saya semakin mikir soal pembalut ini. Kebetulan lagi, ada organisasi sosial yang mengadakan aksi “ngeruk” sungai, lalu….. kotoran yang  nya paling ganggu adalah…..pampers. OK, pembalut wanita emang ga disebutin, tapi saya ikutan “sensi” gimana-gimana, pembalut itu “pampers” loh…..

Setelah “research” baca sana-sini…… Ternyata, diluar sana, alternatif perempuan tuh ada banyak loh! Soalnya, pembalut biasa itu sudah dianggap ga sehat, dan….ya itu tadi, ga environtment friendly.

Trus ada pembalut kain yang bisa dipakai berulang.
Ada juga sponge dari laut (bukan spongebob!!) yang dibudidaya. Penggunaannya kaya tampon, tapi bisa di cuci, trus dipake lagi.
Ada menstrual cup, dari silikon.
Celana dalam menstrausi.

Tampon ga termasuk! Soal nya bahan dan cara kerja nya sama ama pembalut, cuma perletakannya aja yang beda.

Menstrual cup dipercaya paling tangguh, mengatasi menstruasi yang dasyat kayak air bah, dan paling hygienis. Silikon emang kayaknya paling freindly ya, sama organ kita, buktinya….. banyak implant silikon. Tapi, saya serem juga pake nya. Silikon cup ini dimasukin kedalam vagina gitu aja. Cara bersihinya, dicuci biasa aja. Bayangin….. kayak buang sisa kopi gitu, praktis!! Tapi….. “menyisipkan” sesuatu ke dalam vagina….. ga dulu deh! Serem! Dengan demikian, sponge laut nya ngga deh!!

Daripada pake pembalut kain, saya pilih celana dalam menstruasi. Sama-sama harus mencuci, sama-sama kain. Kalo celana dalam kan praktis, 1 item aja. Jadi, itulah pilihan saya!! Saya pake merek THINX. Lain kali saya review khusus deh.

So far sudah 3 bulan ini saya pake. Masih ada trial and error, tapi so far saya ngga mau balik ke “softex”!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s